Mengenal Sifat - Sifat Dasar Jaringan Komputer

Kita telah mengenal beberapa syarat-syarat dalam jaringan komputer, selanjutnya mari kita mengenal beberapa sifat dasar jaringan komputer. Sifat-sifat jaringan komputer secara dasar ada 4. Di rujuk dari buku pegangan penulis tentang jaringan komputer, bahwa ke 4 sifat dasar jaringan ini yaitu, scalability, resource sharing, connectivity, dan reliability.

Sifat-sifat dasar jaringan ini bisa menjadi materi dasar jaringan komputer agar lebih mengenal dan memahami karakter, bentuk, cara kerja, serta cara implementasi yang baik dari jaringan komputer itu sendiri. Mari kita bahas tentang ke-4 sifat dasar jaringan komputer ini dibawah:

Sifat-Sifat Dasar Jaringan Komputer

sifat-koneksi-jaringan-komputer-dan-karakteristik-jaringan-komputer
Sifat Dasar Jaringan Komputer
  1. Scalability

    komponen-dasar-jaringan-komputer-prinsip-dasar-jaringan-komputer
    Gambar-Sifat-Dasar-Jaringan-Scalability (Image Source: Manageengine[]com)
    Scalability secara teori memiliki arti kemampuan untuk dapat diskalakan, yang dapat kita artikan bahwa:
    Jaringan komputer dapat di skalakan (diukur, disesuaikan) dengan kebutuhan pengguna jaringan komputer.
    Bahasa yang mudah dimengerti adalah Jaringan komputer dapat berkembang lebih luas, lebih besar, namun dapat juga di perkecil, di sempitkan, sesuai dengan kebutuhan dan cakupan pengguna.

    Scalable berarti, jaringan komputer mampu menghilangkan batasan-batasan geografis (lokasi). ini berarti bahwa
    Dua buah pengguna ( atau lebih ) dari jaringan komputer dapat saling terhubung secara digital ( online ) tanpa terkendala jarak yang jauh secara fisik ( misalkan berbeda pulau, benua, negara ,wilayah teritori ).
    Adanya jaringan komputer, terutama internet, menjadikan kita di abad ini dapat dengan mudah berkomunikasi dengan siapapun di seluruh dunia.

    Hal ini sesuai dengan analogi gambar sifat dasar jaringan diatas, bayangkan jika Probe server yang ada dalam gambar adalah sebuah LAN atau MAN dimana sekelompok jaringan tersebut melalui internet untuk mencapai sebuah layanan pada suatu server di suatu tempat.
  2. Resource Sharing

    konsep-dasar-jaringan-komputer-adalah-komponen-dasar-jaringan-komputer-dasar-dasar-jaringan-komputer
    Gambar Sifat Jaringan Resource Sharing
    Resource sharing secara teori dapat di artikan sebagai berbagi sumber daya. Tapi jika konteks nya dalam jaringan, hal ini berarti bahwa:
    Jaringan komputer dapat di gunakan untuk saling berbagi dan memakai secara bersama-sama segala sumber daya yang ada.
    Sumber daya disini meliputi seluruh perangkat keras komputer( hardware ) dan perangkat lunak komputer ( software ). sebagai contoh,
    apabila tidak ada jaringan komputer, setiap pengguna komputer dalam satu ruangan wajib memiliki perangkat keras komputer berupa printer untuk mencetak dokumen kedalam selembar kertas.
    Dengan adanya jaringan komputer ( local area network/LAN), maka di dalam satu ruangan tersebut cukup di sediakan sebuah printer saja, untuk kemudian di bagikan ( sharing ) ke dalam jaringan lokal, sehingga semua pengguna komputer dapat bersama-sama menggunakannya untuk mencetak dokumen. tentu saja ini akan jauh lebih menghemat biaya ( anggaran ).
    contoh kedua yang analoginya sama dengan gambar sifat jaringan resource sharing diatas, pemakaian bersama layanan cloud computing untuk jenis layanan SAAS  ( software As A service ), misalkan saja google docs.
    Cukup dengan bermodalkan koneksi internet dan aplikasi web browser, setiap pengguna dapat dengan mudah menggunakan semua aplikasi perkantoran yang di sediakan secara online, tanpa harus membeli aplikasi, menginstall, dan mengkonfigfurasi. demikian juga, data dapat di simpan diserver, tidak lagi membebani komputer sendiri ( dalam hal alokasi ruang hardisk )
  3. Connectivity

    fungsi-dasar-jaringan-komputer-adalah-artikel-dasar-jaringan-komputer-dasar-arsitektur-jaringan-komputer
    (Imgsrc: Dreamstime)

    Connectivity secara teori memiliki arti mudah terhubung dan di hubungkan. Hal ini berarti juga bahwa
    Jaringan komputer memiliki sifat untuk mudah di hubungkan ke sumua pengguna komputer ( dalam hal ini ke semua komputer dan perangkat) serta pengguna komputer itu sendiri juga dapat dengan mudah terhubung ke dalam jaringan komputer yang tersedia.
    Untuk menciptakan hubungan ini, terdapat ssejumlah perangkat penghubung di dalamnya. perangkat-perangkat tersebut antara lain switch, modem, router, hub, perangkat wireless, smartphone dengan kemampuan tethering dll.
    Dengan adanya sifat connectivity ini maka jaringan komputer dapat dengan mudah di bentuk sesuai keperluan dan dalam waktu singkat.
    sebagai contoh:
    Sebuah tethering memanfaatkan teknmologi peer to peer, yang merupakan salah satu bentuk teknologi di dalam jaringan komputer.
  4. Reliability

    artikel-konsep-dasar-jaringan-komputer-artikel-tentang-dasar-jaringan-komputer-apa-itu-jaringan-dasar-komputer
    Sifat Dasar Jaringan Reliability
    Reliability  secara teori memiliki arti keandalan(handal/dapat diandalkan). Dalam kata lain bisa berarti bahwa
    jaringan komputer memiliki klemampuan untuk diandalkan di dalam jaringan komputer dimana keandalan ini dapat diartikan bahwa paket data yang di kirimkan oleh pengirim akan sampai dengan baik di sisi penerima.
    Kehandalan yang makin tinggi dan makin baik pada jaringan komputer akan memberikan kualitas layanan yang lebih baik bagi para pengguna jaringan komputer.

    Disamping transmisi paket data, demikian juga saat proses transfer data , tidak ada paket data yang rusak maupun hilang. Paket garis utuh di sisi penerima sebagai mana saat di kirim oleh pengirim. di lakukan proses pengecekan oleh protokol-protokol di dalam jaringan serta oleh pengguna jaringan komputer itu sendiri terhadap file digital yang di tranmisikan pada jaringan komputer.

    Semoga artikel tentang sifat jaringan ini bisa bermanfaat. Baca juga dasar jaringan lainnya tentang topologi jaringan komputer.

Postingan terkait: